How To Setup Google Topics Api Adsense
Oye Digital Indonesia, How To Setup Google Topics Api Adsense - Akhir bulan lalu, dalam sebuah langkah yang mengejutkan untuk siapa pun, Google mengumumkan Topics Api, dimana sebuah inisiatif Privacy Sanbox yang menurutnya dapat memperkuat penargetan berbasis minat di Chrome ketika cookie pihak ketiga dihapus.
Google menyebut Topics sebagai evolusi dari proposal mereka sebelumnya untuk penargetan berbasis minat yang disebut FLoC.
Daftar Isi
- 1 Apa itu Google Topics Api?
- 1.1 Reaksi Terhadap Proposal
- 1.2 Cara Setting Google Topics Api Menggunakan Meta Tag
- 1.3 Setting Google Topics Api Dengan Json
- 1.4 Manfaat Menggunakan Topics Api
- 1.5 Kekurangan Topics Api Google
- 1.7 Penutup
Apa itu Google Topics Api?

Sebuah proposal, saat seseorang menjelajahi internet, Chrome akan menyimpan catatan kategori situs web yang mereka kunjungi, misalnya Berita. Setiap situs web dapat memiliki hingga tiga kategori.
Setiap minggu Chrome memutuskan lima kategori yang paling diminati pengguna, lalu menambahkan kategori keenam secara acak untuk meningkatkan privasi pengguna. Chrome akan menyimpan enam minat ini selama tiga minggu. Untuk keperluan pengujian awal, total ada 350 kelompok kepentingan.
Dalam hal menggunakan informasi ini untuk menggerakkan iklan, ketika pengguna mengunjungi situs web penerbit, perusahaan yang digunakan penerbit untuk memonetisasi halaman dapat mengakses grup minat browser melalui API. Chrome akan menampilkan hingga tiga topik, dengan satu dipilih secara acak dari masing-masing dari tiga minggu sebelumnya. Pengiklan kemudian dapat memutuskan apakah mereka ingin menampilkan iklan kepada seseorang dengan minat ini dan menawar sesuai dengan itu.
Topik akan menggantikan FLoC, yang merupakan proposal yang juga dirancang untuk menggantikan cookie pihak ketiga dalam periklanan berbasis minat. Tidak seperti Topics, FLoC tidak memiliki grup minat yang telah ditentukan sebelumnya, sebagai gantinya, Chrome membuat Cohort Browser dengan kebiasaan menjelajah yang serupa menggunakan Federated Learning. Selama uji coba asal, ada lebih dari tiga puluh ribu grup dan perusahaan Teknologi Iklan diharapkan menghitung apa yang menurut mereka paling diminati oleh sebuah Kelompok.
Reaksi Terhadap Proposal
Karena perincian ini, FLoC berpotensi buruk dari perspektif privasi pengguna. Ini karena banyaknya Cohort bila digabungkan dengan informasi lain yang secara teori dapat digunakan untuk melacak pengguna secara individual.
Topics memiliki lebih sedikit grup besar yang tidak mengungkapkan informasi sensitif apa pun untuk menyelesaikan kedua tantangan ini, jadi dari perspektif ini, umpan baliknya positif, kecuali di antara mereka yang berpandangan garis keras bahwa pelacakan apa pun tidak dapat diterima.
Google mengatakan mereka menginginkan umpan balik dari industri dan tidak ingin memiliki daftar final. Yang lain berpikir jumlah saat ini mungkin tepat karena alasan ini:
Topik memiliki lebih dari dua kali jumlah Grup Minat seperti yang digunakan Google dalam platform periklanannya sendiri dan ini sudah banyak digunakan oleh pengiklan besar dan kecil.
Jika Google memperluas ini ke Klasifikasi IAB, hal itu akan berdampak pada sebagian besar kemampuan penerbit untuk menjual audiens mereka, dan khususnya, akan berdampak negatif pada penerbit khusus yang dapat meminta harga premium karena pengiklan bersedia membayar mahal untuk mencapai audiens yang berharga yang mengunjungi konten mereka.
Sudah ada ketentuan dalam proposal Privacy sandbox lainnya untuk bisnis teknologi iklan untuk membuat segmentasi yang lebih terperinci. FLEDGE seperti yang saya komentari di sini sebelumnya memiliki aplikasi yang dapat melampaui pemasaran ulang.
Google Topics Api akan mulai menguji Pada Bulan Juli 2022, dengan banyak yang mengantisipasi uji coba awal (tes pertama) menjelang akhir Q1. Ini akan berkembang dari waktu ke waktu dan bagi mereka yang tertarik untuk terlibat lebih dekat dan membentuk apa yang terjadi, umpan balik dapat diajukan dan pertanyaan diajukan di sini.
Untuk penayang yang ingin berpartisipasi lebih langsung dalam pengujian itu sendiri, sekarang mungkin saat yang tepat untuk menghubungi mitra teknologi iklan Anda dan menanyakan cara terlibat. Masa transisi pertama untuk inisiatif ini dijadwalkan akan dimulai pada akhir tahun ini.
Cara Setting Google Topics Api Menggunakan Meta Tag
Sebenarnya sangat mudah, untuk memasang Google Topics Api ini, hanya saja dalam ini coba oye hari ini, pada pemasangan script, iklan adsense yang tayang hanya di dalam postingan. Ketika beralih ke beranda atau halaman utama, iklan tersebut tidak tayang.
Mungkin saja google Topics Api ini belum sepenuhnya bekerja dengan baik. Atau sebaliknya ada kesalahan dalam pemasangan api tersebut. Silahkan copy paste script code meta di bawah ini dan sesuaikan dengan Kode iklan adsense Anda tepat di antara kode <head> dan </head>.
Setting Google Topics Api Dengan Json
Hampir sama dengan pemasangan di meta diatas. Dengan menyisipkan url kode iklan adsense pada file tersebut. Dan script json ini juga serupa dengan meta, hanya di halaman postingan iklan akan tayang secara sempurna, namun tidak di halaman utama atau beranda.
Silahkan copy dan paste script di atas, tepat antara <head> dan </head>, untuk memulai penayangan iklan adsense secara arahan dari google yaitu menggunakan Topics Api browser. Mulai bulan depan adsense akan menguji api tersebut, dari pada kita menunggu hasil uji coba ada baiknya lakukan setting lebih awal.
Manfaat Menggunakan Topics Api
Sepintas kami melihat ada beberapa manfaat dalam penerapan google Topics Api pada website dengan adsense. Tampilan iklan menjadi lebih baik, hal ini akan meningkatkan pendapatan pada website yang di monetisasi dengan adsense.
Selain itu google akan menghapus cookies pada browser chrome, dengan demikian penggunaan api Topics ini di lansir akan memaksimalkan tayangan iklan pada website yang sedang di kelola. Sesuai dengan topik yang disampaikan.
Kekurangan Topics Api Google
Sementara kami melihat, ada beberapa kekurangan dalam penggunaan Topics Api, yaitu tidak ada iklan di halaman beranda, hal ini akan mengurangi daya tayang yang tercatat pada adsense.
Hasil sementara untuk RPM akan sangat berpengaruh pada adsense nanti. Tapi ini hanya hasil analisa sementara tidak menutup kemungkinan malah akan sebaliknya semoga saja.
Penutup
Demikian yang dapat oye digital Indonesia sampaikan, tentang How To Setup Google Topics Api Adsense. Semoga bermanfaat, dan silahkan bagikan kepada rekan-rekan semua. Semoga dengan cara seperti ini akan menaikkan pendapatan para publisher semua. Terimakasih dan sampai jumpa di informasi lainnya.